Copyright © dahanpinus
Design by dahanpinus
Jun 14, 2008

Setting Telkom Speedy di Ubuntu 8 (Acer Aspire 4310)

Setelah searching sana-sini di Google dengan keyword seperti judul di atas dan menerapkan informasi yang saya dapatkan terutama di Ubuntu Indonesia...hampir saja saya putus asa, karena tetap saja saya gak bisa konek internet dengan speedy di ubuntu 8 saya. Tetapi saya coba oprek di /etc/ppp/options, dimana disitulah terdapat konfigurasi modem untuk ubuntu berada. Tidak dinyana dan dikira, berhasil!
Berikut ini saya coba share cara setting speedy di ubuntu 8.04
1. Buka Terminal atau Shell dengan cara Applications > Accessories > Terminal.
2. Lalu ketikkan perintah: sudo pppoeconf
3. masukkan password Anda, dan wizard konfigurasi ppp akan tampil.
4. Enter, untuk mendeteksi koneksi modem. pastikan kabel UTP speedy telah "nancep" di komputer.
5. masukkan username (nomor yang diberikan speedy untuk Anda, mis: 1414xxxxx@telkom.net), masukkan juga password (xxxxxxxx).
6. Lalu pilih, Yes, Yes, Yes, yes sampai selesai ( :)) ).

Cobalah Anda konek atau buka browser, pasti ndak bisa. Itu yang tadinya saya rasakan. Jangan putus asa!
Bukalah lagi terminal, seperti langkah di atas, dan ketikkan:
1. sudo gedit /etc/ppp/options, masukkan password Anda.
2. cari teks yang isinya #mtu (n), ganti dengan mtu 1400. mtu tanpa tanda pagar lho! MTU itu Maximum Transmit Unit, letaknya kira-kira berada di tengah tengah skrip konfigurasi.
3. setelah diganti dengan mtu 1400, lakukan save.
4.matikan terlebih dahulu service dsl, dengan ketik pada terminal: poff dsl-provider, lalu hidupkan lagi dengan pon dsl-provider.
5.sekarang cobalah lakukan ping pada terminal dengan: ping www.google.com
6.coba juga untuk browsing. Semoga saja berhasil. Karena ini berhasil di laptop saya.
Selamat Mencoba!

0 comments: