Copyright © dahanpinus
Design by dahanpinus
Dec 17, 2010

Recover File dari Harddisk yang sudah di format

Dokumentasi Pertanyaan dari Mahasiswa tentang Recovery dan backup file yang telah terformat:

Pak Asdani, saya mau minta tolong bantuannya. Komputer saya kena virus shutdown.exe trus data D saya langsung k Format dan yg System C file windowsnya rusak. virusnya dari kepingan CD lagu yg mau saya copy k harddisk. saya blum sempat copy, virusya langsung nyerang lewat commandpromt& autoplay kmptr saya on. Skrg kmptr saya sudah di instal ulang. saya mau nanya, cara merecovery file yg k format di Data D bgmn?? trimakasih sblumnya..

Jawaban:
OK Mas...memang untuk mengembalikan file yang telah terformat butuh waktu yang lama. Selain itu seringkali file tidak bisa utuh kembalinya, ibaratnya file zombie...tidak sesempurna dulu. Berikut ini saya coba menggambarkan langkahnya:
1. Siapkan satu komputer sebagai komputer utama dengan system yang tidak bervirus atau masih bagus.
2. Copot harddisk Anda yang telah terformat dan ingin Anda recover filenya.
3. Buatlah harddisk itu sebagai slave, Anda bisa memakai kabel eksternal atau eksternal case untuk itu.
4. Siapkan beberapa program dan instal di komputer utama yang bersih dari virus tadi. Program itu untuk melakukan backup dan recover; Get data back, Stellar phoenix data recovery, dan Recuva. Menurut saya Stellar lebih powerfull, jadi pake saja stellar meskipun untuk beberapa komputer dan jenis data bisa saja berbeda.
5. Lalu scan dengan Stellar atau aplikasi yg saya sebutkan di atas..mungkin butuh waktu yang agak lama, mungkin sekitar 8 jam. tergantung besarnya file.
6. Lalu ikuti saja perintahnya, gampang kok.
7. Lebih baik Anda merecover secara parsial atau bertahap, 2 gb dulu sampai habis, karena dimungkinkan sistem akan hang jika terlalu banyak.
8. Sebaiknya menggunakan komputer desktop yang agak kuat dan cepat, untuk recover.
9. Mungkin segitu dulu ya mas...Terimakasih atas pertanyaannya.
Mohon di share jika telah berhasil.

NB:

Sayangnya aplikasi di atas semua adalah komersial, jadi silahkan search sendiri di 4shared, rapidshare dan sebagainya untuk dapat menggunakan.
baca juga informasi selaras di:

http://achedy.penamedia.com/2007/03/05/mengembalikan-data-pada-hardisk-terformat/
http://www.obengware.com/tips/harddiskwindowsdatarecover.htm
http://andisukri.blogspot.com/2009/02/get-data-back-mengembalikan-data.html
http://akhdian.net/2010/05/18/mengembalikan-data-hardisk-yang-terformat/

1 comments:

Ade Fr says:
at: 2:58 PM said...

Repot juga mesti ada komputer barunya. Cara selain itu ada enggak mas? Saya mohon bantuannya sangat dong. Lagi sedih nih komputer teman kena soalnya.