Copyright © dahanpinus
Design by dahanpinus
Jan 8, 2009

Problem: Half split screen on LCD Notebook after Hibernate Linux (Hibernate apakah penyebab "keguguran" layar notebook ?).

Karena saya baru saja apdet template web, dan buka tab browser yang sangat banyak maka saya memutuskan untuk hibernate Linux,lalu pindah ke kelas. Jadi nanti dapat saya buka kembali tanpa harus buka-buka bookmark atau history...
Eh sialnya..... Monitor LCD laptop tampil splitscreen. Maksutnya layar tampil penuh, tapi terbagi menjadi 2 sisi satu 2/3 bagian yang sebelah kanannya 1/3 nya, jadi bayangan sisi kiri ada di sisi kanan. Pernah sih sekali dulu pernah kek gini juga...cuman dah lupa sebabnya apa.
Panuk...eh salah panik, langsung kebayang wajah tukang serpis komputer dengan obeng dan palu di tangan (eh salah penggambaran seperti tukang bangunan aja..hehehe). Restart sekali sama aja kek gitu, restart lagi sama juga, tiga kali restart tetep aja...ihhh jadi gemes campur geli...(gelisah maksutnya).
Coba tak inget-inget aja, dulu itu pernah kek gini..tak apain ya...
Cling..mungkin dulu tak copot baterainya dulu, coba diidupin tanpa baterai, lalu pasang lagi dan diidupin...sepertinya kek metode "reset bios" mainboard saat hang deh..Sambil berdoa, tak coba aja deh!
!@#$%^&*()_+;'./,><>>>>,...... (biar dramatis...)

Akhirnya...Alhamdulillah berhasil, layar kembali seperti semula. Makasih ya Tuhan... Maksih karena bayangan tukang serpis komputer yang kek tukang bangunan itu tiba-tiba ilang menguap begitu saja, makasih karena laptop ini berhasil survive dari maut..dan masih mau menemani aku untuk sekolah..., makasih karena double pedal Yamaha Flying Dragon-ku bakal bisa ku bayar dan bisa main trash metal sepuasnya (ndak ada hubungannya deh....cape dehhh).

Jadi pointnya adalah:
1. Ati-ati saat hibernate di Linux dan restart karena saya pernah 2 kali splitscreen seperti itu, dan coba deh troubleshoot saya di atas kalo sudah terlanjut. (saya pake linux debian, Acer notebook dan sedikit cemilan).
2. Ati-ati kalo bayangin tukang serpis komputer, ingat mereka berbeda daripada tukang bangunan.
3. Ati-ati kalo beli double pedal drum--> ampun mahal banget deh boooo..
4. Kalo Migren obat paling ampuh Ultraflu..(hehehe)
NB:
Asli semua ini cuman pengalaman pribadi, jadi kesamaan tokoh dan karakter hanya kebetulan saja.

0 comments: