Copyright © dahanpinus
Design by dahanpinus
Feb 8, 2009

Gimana sih caranya, menampilkan kode html pada Blogger?

Ini yang tadi sempat membuat pusing saya. Sebenarnya sih nggak begitu butuh juga untuk nampilin kode HTML di Blogger. Buat apa gitu loh! Cuman saya jadi inget, kalo saya nulis buku Blogger (baru 80% pengerjaan) dan didalamnya itu ada berbagai kode HTML, yang saya contohkan.
Jadi dalam hati saya, pasti repot kalo pembaca harus menulis script atau kode HTML baris demi baris (capcayy dehh). Untuk itu saya berusaha keras mencari-cari kira-kira gimana kode HTML yang saya tulis di buku saya dapat langsung di Copy Paste oleh pembaca nantinya.
Dan akhirnya ketemu deh.
Jika kita olah satu persatu kode yang ada misalkan untuk satu karakter pembuka saja yang biasa kita lihat berikut: < jika ingin ditampilkan pada postingan maka yang harus kita tulis adalah < dan untuk karakter penutup > yang harus kita tulis agar tampil yang kita maksud adalah > belum lagi karakter lainnya semisal karakter &, tanda kutip dan lainnya.

Sebagai contoh untuk menampilkan kode link HTML sederhana berikut ini, pada postingan,

<a href="http://dahanpinus.com">dahanpinus</a>

Maka kode di atas harus kita PARSE terlebih dahulu dan yang harus kita tulis sebelum dipublish (pada Edit HTML/HTML bukan Visual/Compose) sebagai berikut,

<code>&lt;a href=&quot;http://dahanpinus.com&quot;&gt;dahanpinus&lt;/a&gt;</code>

Kode di atas adalah kode HTML link yang sudah diPARSE agar bisa tampil pada postingan kita.

Bingung ya? Ga usah bingung karena banyak sekali situs yang menyediakan jasa untuk memPARSE kode HTML secara instan, praktis dan cepat agar dapat tampil pada postingan blog kita.

Berikut saya rekomendasikan 3 web yang menyediakan jasa encode-decode, quick escape, parse HTML, escape HTML atau apalah namanya itu yang jelas untuk memparse kode HTML agar dapat tampil pada postingan blog.
Seperti biasa lanjutan tulisan saya ini, akan saya lempar di http://mti.ugm.ac.id/~asdani (biar web saya yang lain rame gitu loh)

2 comments:

muislife says:
at: 12:13 PM said...

Thanks infonya....,
Sekedar Info tambahan sobat, hal tersebut bisa juga dicoba di link dibawah ini

http://muislife.com/menulis-kode-html-dalam-posting.html

dilengkapi dengan text generatornya

Anonymous
at: 1:53 AM said...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!